8 Aplikasi Belanja Online Terbaik di Tahun 2023, paling rekomended dan sering gratis ongkir.

Blog Ditulis oleh : Administrator 17 April 2023 | 09:35:22

Print Share Tweet Whatsapp Messanger

Aplikasi Belanja Online Terbaik di 2023

Di era teknologi yang semakin berkembang pesat, apapun menjadi serba mudah dan efisien. Mulai dari membeli barang sehari-hari, pakaian, elektronik hingga membayar tagihan, semuanya bisa dilakukan di rumah. Untungnya, aplikasi belanja online dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi belanja online antara lain kredit, paylater, COD, pengiriman gratis, dan pembelian di luar negeri. Aplikasi belanja online terbaik di Indonesia saat ini adalah Shopee, Tokopedia, dan Blibli.

Nah, berikut kami jelaskan cara memilih aplikasi belanja online terbaik dan terpercaya agar Anda bisa berbelanja dengan aman. Namun sebelum membahas apa Aplikasi Belanja Terbaik dan Terpercaya, Anda harus memahami bagaimana cara memilih aplikasi belanja online supaya tidak kecewa.

Cara memilih aplikasi belanja online terbaik

Anda tidak perlu bingung memilih aplikasi belanja online terbaik dan cocok untuk Anda. Mari kita bahas cara memilihnya. Kami membahas semuanya mulai dari jenis kebutuhan, fitur, metode pengiriman hingga pilihan metode pembayaran. Selamat membaca!

1. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda

Saat Anda berbelanja, tentunya Anda sudah memiliki daftar keinginan barang apa saja yang ingin Anda beli. Kami merangkum produk-produk yang bisa dibeli melalui aplikasi belanja online terbaik yang Anda miliki, mulai dari barang fisik hingga produk digital.

a. Fashion dan elektronik

Banyak aplikasi belanja online yang fokus pada produk fashion seperti pakaian pria dan wanita, sepatu dan jam tangan. Selain itu, ada juga aplikasi belanja online yang fokus pada produk elektronik seperti smartphone, tablet, televisi, kulkas, dll.

b. Kebutuhan sehari-hari

Dengan menggunakan aplikasi belanja online terbaik memungkinkan Anda berbelanja kebutuhan sehari-hari di rumah. Beberapa aplikasi belanja online sudah menawarkan sayuran, jamu, ikan segar, buah-buahan, dll. Bahkan, beberapa aplikasi belanja online sudah menawarkan kategori supermarket menggunakan layanan pengiriman ekspres dari GoSend dan Grab Express.

c. Produk digital dan pembayaran tagihan

Beberapa aplikasi belanja online dirancang untuk membeli produk digital. Misalnya pulsa, paket data, token listrik, voucher game online, voucher langganan streaming film dan voucher digital. Selain belanja, aplikasi belanja online juga menawarkan pembayaran tagihan seperti tagihan listrik, telepon, asuransi, dan pajak.

2. Lihat dan kenali fiturnya

 

Saat memilih aplikasi belanja online, Anda perlu memperhatikan fitur-fitur yang tersedia. Fitur yang tidak tersedia di aplikasi lain merupakan keunggulan yang jelas. Anda dapat melihat aplikasi mana yang menawarkan fitur seperti gratis ongkir, pembayaran tunai, dan jaminan pengembalian produk. Fitur-fitur ini akan membantu Anda nanti.

1) Kategori Toko Resmi : Barang Original Bergaransi

Salah satu keluhan pembeli yang membeli barang dari aplikasi belanja online adalah membeli produk palsu karena tertipu. Hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari ini adalah membaca ulasan/penilaian pelanggan. Namun, jika Anda tidak yakin, Anda dapat membeli produk dari toko resmi yang dijamin asli. Beberapa aplikasi belanja online terbaik telah menerapkan kategori toko resmi, seperti official store di Tokopedia dan Shopee Mall di Shopee.

2) Pengiriman gratis:

Anda dapat membeli barang secara gratis tanpa melihat lokasi penjual Sebelum aplikasi belanja online memiliki program pengiriman gratis, Anda harus jeli tentang lokasi toko Anda. Hal ini dikarenakan semakin jauh dari lokasi anda maka semakin mahal ongkos kirimnya. Sekarang, beberapa aplikasi belanja online telah memperkenalkan fitur pengiriman gratis yang memungkinkan Anda berbelanja di toko manapun. Umumnya dukungan gratis ongkos kirim hingga Rp 20.000,00 untuk Pulau Jawa dan hingga Rp 40.000,00 untuk pengiriman antar pulau. Namun, Anda harus menyadari bahwa pengiriman gratis terdapat syarat, seperti pembelian minimum.

3) COD:

Bayar tunai pada saat kedatangan Jika Anda tidak memiliki saldo di bank atau e-wallet, Anda dapat menggunakan fitur cash on delivery (COD). Saat checkout, Anda juga dapat memeriksa kesesuaian produk yang dibeli sebelum membayarnya. Bisa beli dulu, nanti saat paket sudah sampai, bisa cek kesesuaian barang sebelum membayar ke kurir secara tunai.

4) Pengembalian Barang :

Untuk barang yang tidak sesuai dengan pesanan banyak aplikasi belanja online memiliki fitur pengembalian untuk melindungi Anda dari produk yang tidak sesuai. Aplikasi belanja online biasanya menggunakan tombol konfirmasi jika produk sesuai dan tombol complain jika tidak. Lalu ada batas waktu pencet tombol, biasanya 2-3 hari atau lebih. Jika Anda tidak menekan tombol apa pun selama waktu ini, Anda secara otomatis mengonfirmasi bahwa item tersebut sesuai.

3. Periksa metode pembayaran

Salah satu hal terpenting saat memilih aplikasi belanja online adalah metode pembayaran. Anda perlu mengecek saldo, nama bank, dompet digital, jenis kartu ATM, dan sebagainya karena setiap aplikasi aplikasi belanja online berbeda. Anda perlu memperhatikan aplikasi mana yang mendukung pembayaran Anda. Jika tidak, Anda dapat meminta pembayaran tunai.

- Pembayaran tunai :

Menggunakan fungsi COD atau membayar di kasir mini market Umumnya, aplikasi belanja online hanya mendukung pembayaran dari bank besar seperti BCA, Mandiri, BRI, dan BNI. Selain itu, setiap aplikasi belanja online biasanya hanya terhubung dengan satu dompet digital.

Namun, jika Anda tidak memiliki rekening bank besar atau dompet digital, Anda tetap dapat belanja. Selain COD, ada cara lain untuk membayar pesanan secara tunai di aplikasi belanja online, yakni melalui loket Indomaret dan Alfamart.

- Pembayaran Online :

Bayar langsung dari bank atau e-wallet Anda. Metode pembayaran yang paling populer dalam aplikasi belanja online adalah pembayaran online. Sumber pendanaan bank dapat digunakan untuk melakukan pembayaran online. Metode transfer termasuk mobile banking, online banking, ATM, direct debit dan kartu kredit atau debit. Selain bank, sumber dana juga bisa berupa dompet digital atau e-wallet. Pembayaran dengan metode pembayaran online secara otomatis dan segera dikonfirmasi. Berbeda dengan transfer ATM yang biasanya memakan waktu lebih lama, Anda bahkan perlu mengunggah struk bukti transfer.

 - Paylater :

Beli dulu, bayar di akhir bulan Jadi bagi yang sedang menunggu gaji cair, bisa menggunakan aplikasi belanja online dengan paylater. Beberapa aplikasi belanja online menawarkan metode pembayaran paylater. Dengan begitu Anda dapat melakukan pembelian di muka dan membayarnya di akhir bulan atau di awal bulan berikutnya. Biasanya, metode pembayaran paylater bekerja dengan dompet digital yang terhubung dengan aplikasi belanja online. Aplikasi belanja online membuat belanja menjadi mudah tanpa harus datang ke toko. Aplikasi belanja online seperti Bukalapak, Shopee dan Tokopedia memungkinkan Anda berbelanja kebutuhan Ramadhan melalui ponsel demi kenyamanan Anda.

Teknologi membuat hidup manusia lebih mudah. Salah satunya membeli beragam produk. Saat ini sudah banyak aplikasi belanja online yang bisa digunakan. Yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi belanja online terbaik ke ponsel Anda dan berbelanja dengan bebas dari produk yang tersedia. Kenyamanan ini tentunya akan sangat berguna bagi Anda saat berbelanja di bulan Ramadhan karena Anda dapat berbelanja dengan nyaman dari rumah Anda sendiri. Sayangnya, banyak sekali aplikasi belanja di luar sana yang membuat orang bingung harus mendownload yang mana. Bagi yang bingung, jangan khawatir, kami telah merangkum aplikasi belanja online terbaik yang bisa Anda gunakan.

 

1. Tokopedia

Logo Tokopedia PNG, Free Toko Pedia Vector - Free ...

Merupakan aplikasi belanja online yang menawarkan banyak produk. Mulai dari sembako, pakaian hingga elektronik. Keunggulan Tokopedia adalah sering menampilkan banyak program promosi Ramadhan seperti Waktu Belanja Indonesia (WIB), Tokopedia Cantik Fest, Serbu Official Store dan Brand Bazar Pilihan. Selain itu, aplikasi belanja online ini menawarkan banyak promo gratis ingkir, dan banyak pilihan pembayaran, mulai dari debit hingga dompet digital. Aplikasi belanja online terbaik ini kerap mengadakan promo bertajuk Big Ramadan Sale 2023 selama bulan Ramadan yang rutin dilakukan setiap tahun. Selain itu harga produk yang dijual cukup terjangkau dan banyak pilihan yang bisa dipilih.

2. Shopee

Shopee Logo PNG Images, Free Download Shopee Icon - Free ...

Tidak lupa Shopee juga memiliki banyak pilihan pembayaran mulai dari transfer bank melalui ShopeePay atau pembayaran langsung ke kurir atau COD.

3. Bukalapak

Bukalapak: “Nilai Transaksi Kami Tahun Ini US$6,5 Miliar”

Seperti namanya, aplikasi Bukalapak berisi penjual atau pelapak yang menawarkan banyak produk. Anda dapat dengan mudah membeli makanan, pakaian, dan peralatan olahraga. Aplikasi belanja online Ramadhan ini juga memiliki fitur untuk membayar tagihan listrik atau membeli paket online. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian dan membayar tagihan bulanan.

4. Blibli

√ Logo Blibli PNG Vector Terbaru 2023 ( Free Download )

Memberikan keunggulan berupa fitur, seperti fitur tukar tambah pembelian produk elektronik seperti televisi dan smartphone. Selain itu, Blibli memiliki banyak official store, sehingga Anda bisa membeli produk original dari aplikasi belanja online ini. Jika Anda ingin mencari program belanja Ramadhan 2023 dengan banyak penawaran, Elevenia adalah solusinya. Platform ini sering menawarkan promo seperti penjualan super, kupon, uang, dan sebagainya. Ramadan (Elevenia) kali ini menawarkan berbagai promo menarik, seperti Berkah Belanja Online yang tersedia mulai 21 Maret 2023 hingga 31 Maret 2023. Ada diskon hingga 70% dan refund Rp 1,5 juta.

5. OLX

OLX Indonesia

OLX menjadi aplikasi belanja online termurah di bulan Ramadan karena harga produk yang dijual di platform ini cukup terjangkau. Hal ini bisa terjadi karena OLX menawarkan banyak produk baru dan bekas yang berkualitas. Perabotan rumah, smartphone hingga mobil untuk mendukung aktivitas Ramadan dan Idul Fitri bisa kamu beli di OLX.

6. Lazada

Download Logo Lazada Vektor AI - Masvian

Aplikasi belanja online yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan jika ingin mendapatkan banyak voucher dan cash back saat berbelanja online, terutama saat Ramadan. Seperti menawarkan voucher dan cashback hingga Rp 35.000. Selain itu, juga sering memberikan promo gratis ongkos kirim (ongkir), sehingga tidak perlu pusing memikirkan biaya pengiriman ketika membeli sembako, peralatan masak untuk mendukung kegiatan puasa Ramadan. Membayar produk di Lazada juga mudah karena tersedia opsi lewat transfer bank dan aplikasi dompet digital DANA.

7. Jackmall Rewards

Jakmall.com Pusat Dropship Modal Kecil & Terpercaya. Ayo, Mulai Bisnis  Dropship Berawal dari Sini!

Adalah aplikasi belanja online berikutnya yang menawarkan lebih dari 10 juta produk berkualitas. Kategori produknya juga beragam mulai dari smartphone laptop, pakaian pria dan wanita, hingga mainan anak. Aplikasi belanja online terbaik untuk Ramadan ini juga sering memberikan diskon hingga 90%, cashback berupa Jakmall Rewards. Nantinya, Jakmall Rewards bisa digunakan untuk membeli produk favorit Anda.

Aplikasi belanja online ini membantu Anda menemukan berbagai makanan sehat, mulai dari sayuran organik hingga daging sapi segar. Lalu juga punya koleksi sabun dan sampo untuk menjaga tubuh bebas kuman. Hal yang menarik adalah ia menawarkan layanansame day delivery agar produk lebih cepat sampai ke rumah Anda.

8. Happy Fresh

Grocery Personal Shopping and Delivery App HappyFresh launches in Thailand  | Happy Fresh

Aplikasi ini telah bermitra dengan supermarket seperti Lotte Mart, Superindo, Hero hingga Farmers Market. Dengan cara ini, Anda dapat membeli berbagai produk secara online dari supermarket tersebut. Kemudian, Anda tinggal memilih produk mana yang ingin dibeli melalui aplikasi belanja online, melakukan pembayaran, dan produk akan diantar ke rumah Anda.

Baca juga : 12 Ide Hampers Lebaran Kekinian, Trending di tahun 2023!

Cara aman dan nyaman berbelanja online

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan ketika hendak berbelanja online dengan aman dan nyaman, di antaranya :

1. Gunakan toko online terpercaya

Karena konsumen yang terus berkembang untuk berbelanja online, banyak juga situs belanja yang mudah diakses. Faktanya, situs web ini mungkin tidak aman dan andal. Sebelum melakukan pembelian online, Anda harus memastikan bahwa toko online tersebut benar-benar terpercaya. Ini karena situs-situs tersebut biasanya dilengkapi dengan perangkat lunak yang dijamin aman. Belanja online jadi lebih aman dan nyaman. Bahkan, website terpercaya pun terkadang menawarkan berbagai kemudahan kepada konsumen saat membeli suatu produk. Pilih penjual yang memiliki reputasi baik setelah Anda mengidentifikasi situs web yang andal.

2. Memilih toko yang baik reputasinya

Cara aman berikutnya untuk membeli secara online adalah memilih penjual atau toko yang memiliki reputasi baik. Anda harus teliti dalam memilih penjual yang tepat, karena terkadang masih banyak penjual yang tidak bertanggung jawab yang nekat berjualan di marketplace. Untuk itu, ingatlah untuk memilih penjual yang sudah direkomendasikan atau memiliki reputasi yang baik.

3. Teliti dan bandingkan harga

Cara aman beli online selanjutnya adalah mengecek harga produk terlebih dahulu. Bandingkan harga produk satu penjual dengan penjual lainnya. Ini adalah cara yang baik untuk membeli secara online, Anda tidak perlu repot-repot bertanya ke masing-masing penjual, karena biasanya harga produk sudah tertera di halaman produk, sehingga memudahkan untuk membandingkan harga. Cara belanja online ini sangat bermanfaat karena bisa menyesuaikan dengan dana yang tersedia.

4. Baca deskripsi produk

Membaca deskripsi produk adalah salah satu cara agar belanja online lebih nyaman dan aman. Ini memastikan bahwa fungsionalitas produk memenuhi kebutuhan Anda atau tidak. Membaca deskripsi cukup penting untuk mengetahui spesifikasi, bahan, warna, manfaat dan informasi detail lainnya.

5. Tanyakan ketersediaan produk

Saat membeli online, tidak sedikit Sahabat yang “gila” sehingga langsung memesan produk dan membayarnya. Namun, ternyata produk tersebut tidak tersedia. Jika itu terjadi, Anda mungkin akan kecewa, bukan? Itulah mengapa ada baiknya bertanya kepada penjual tentang ketersediaan produk sebelum membayar. Hal ini dikarenakan ada juga seller yang tidak sengaja mengirimkan produk jenis lain ketika produk yang diinginkan sudah habis. Sehingga produk yang sampai di rumah tidak sesuai harapan.

6. Pilih jasa pengiriman yang tepat

Saat melakukan pembelian di Internet, Anda juga harus memilih jasa pengiriman yang tepat. Setiap jasa pengiriman memiliki ketentuan harga yang berbeda. Teman-teman bisa memilih jasa transportasi yang harganya cukup murah untuk menekan total biaya yang dikeluarkan melalui marketplace.

7. Perhatikan total harga produk dan ongkos kirim

Total biaya harus dipertimbangkan sebagai metode pembelian online sebelum memulai proses pembayaran. Biaya tambahan, seperti biaya pengiriman, tidak boleh luput dari perhatian teman-teman. Periksa juga apakah ada biaya tambahan seperti biaya administrasi dll. Maka dari itu, sebaiknya Anda lebih teliti untuk mengetahui biaya pengiriman dari asal pengiriman produk hingga ke alamat tujuan yang Anda tentukan.

8. Pilih metode pembayaran pilihan Anda

Keuntungan belanja online adalah teman-teman bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan. Saat ini banyak marketplace yang menawarkan berbagai metode pembayaran, mulai dari transfer bank, virtual account, pembayaran melalui supermarket tertentu, dompet digital hingga metode pembayaran secara cicilan. Saat Anda membeli secara online, pastikan Anda memilih metode pembayaran yang tepat, penting untuk memperhatikan biaya administrasi yang muncul. Selain itu, Anda harus menyimpan bukti pembayaran untuk memastikan bahwa transaksi berhasil dibayar.


Print Share Tweet Whatsapp Messanger