12 Ide Hampers Lebaran Kekinian, Trending di tahun 2023!

Blog Ditulis oleh : Administrator 31 Maret 2023 | 14:35:00

Print Share Tweet Whatsapp Messanger

Setelah berpuasa selama sebulan, umat Islam di seluruh dunia merayakan Hari Raya atau lebaran. Hari itu disambut gembira dengan berbagi kebahagiaan bersama keluarga dan kerabat. Salah satunya adalah menciptakan ide hampers lebaran kekinian. Hampers adalah paket yang berisi berbagai produk seperti makanan, minuman, kue kering, buah-buahan, pakaian, dll. Bingkisan yang disusun dengan rapi dan indah kemudian dibungkus supaya aman saat dibawa. Ukuran hampers bervariasi sesuai dengan keinginan pemroduksi atau pembeli. Jika Anda memiliki keahlian dan bersedia meluangkan waktu untuk membuat hampers, rasanya akan lebih istimewa. Namun, jika Anda tidak dapat menggunakan jasa pembuatan hampers yang disediakan oleh orang lain.

1. Asal usul tradisi kirim hampers lebaran

Mengirim hadiah atau bingkisan untuk memberi selamat atau merayakan hari istimewa diperkenalkan ke Inggris oleh Prancis pada abad ke-11. Mengirim hadiah saat hari raya merupakan sejarah modern daripada tradisi klasik. Saling mengirim hadiah seperti itu tidak hanya dikenal di kalangan umat Islam, tetapi juga di agama lain. Banyak orang yang merayakan hari raya Kristen, Hindu, Budha, Yahudi dan keagamaan lainnya memiliki kebiasaan memberikan bingkisan yang terbungkus indah pada perayaan-perayaan penting. Tradisi lebaran di Indonesia seperti contoh hampers lebaran kekinian dapat dirunut dari kebiasaan orang Indonesia yang saling mengirim makanan sebagai rasa syukur atau berbagi kebahagiaan.

2. Keuntungan mengirim hampers lebaran

Mengirim hadiah pasti akan menyenangkan perasaan orang yang kita berikan. Apalagi saat lebaran, jadi waktu yang tepat untuk berbagi. Membahagiakan orang lain adalah salah satu manfaat mengirim paket lebaran. Apa ada manfaat lain ? Berikut dampak positif dari hampers lebaran :

1) Menjalin relasi

Untuk menunjukkan bahwa kamu antusias dan senang mendapatkan relasi baru, kamu bisa mengirimkan hampers lebaran. Atau Anda juga dapat mengirimkannya ke kolega atau pelanggan tetap jika Anda adalah pemilik bisnis untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai dan ingin membangun hubungan yang erat.

2) Tanda terima kasih

Tentu saja, ada orang-orang istimewa di antara teman dan saudara yang selalu ada untuk Anda atau membantu Anda di saat-saat sulit. Momen lebaran bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang-orang tersebut dengan mengirimkan bingkisan kepada mereka.

3) Sebagai rasa syukur

Selain sebagai ungkapan rasa syukur kepada kerabat dan sahabat, hampers lebaran juga bisa menjadi salah satu cara mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat hidup dan kesehatan sehingga bisa menjalankan puasa dengan lancar. Hal ini juga bisa Anda lakukan saat bulan puasa atau tahun-tahun sebelumnya sebagai hadiah untuk diri sendiri.

4) Memperkuat tali silaturahmi

Manfaat utama hampers lebaran adalah untuk menjaga dan mempererat silaturahmi. Meski tidak bisa berkumpul dengan sanak saudara atau rekan saat liburan, Anda bisa mewakilkannya dengan ucapan dan doa melalui hampers lebaran. Selain itu mempererat silaturahmi dengan saling memberi juga bisa menjadi pahala karena dianjurkan oleh agama.

5) Menjadi peluang bisnis

Jika Anda seorang pengusaha yang ingin memasarkan produk Anda, Anda membuat hampers produk Anda sendiri. Anda juga dapat menawarkan untuk menghias bingkisan dengan keahlian kerajinan Anda. hampers lebaran juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan.

Ide Hampers Lebaran Kekinian

Berbagi kebahagiaan dengan orang terdekat menggunakan hampers akan lebih praktis. Anda bisa membawa hampers langsung ke rumah tujuan atau menggunakan jasa pengiriman. Nah berikut beberapa ide yang bisa digunakan untuk membuat hampers lebaran.

1. Makanan Ringan

Hampers lebaran kekinian yang sangat terjangkau adalah makanan ringan. Hampers ini cocok untuk semua orang, bahkan bagi mereka yang sudah memiliki anak kecil. Untuk paket ini, Anda hanya perlu membeli beberapa jajanan dari toko, pasar, atau mini market terdekat. Berbagai macam makanan ringan yang dijual seperti permen, kue kering, keripik kentang, coklat, keripik pisang, keripik tempe, rambak pisang dan sirup. Anda dapat memilih sesuai dengan keinginan Anda dan jumlah dana yang tersedia. Jika ingin kemasannya lebih menarik, carilah jajanan yang sesuai dengan warnanya. Namun, jika ingin tampilan yang lebih seru, pilihlah snack dengan kemasan berwarna cerah. Setelah itu susun dengan benar dan buat bentuknya semenarik mungkin. Bungkus hampers dengan plastik atau gunakan kotak yang bagus dengan pola. Jangan lupa tambahkan pita di bagian luar dan tuliskan kartu ucapan dengan pesan singkat kepada penerima.

2. Alat sholat

Di bulan Ramadhan dan hari raya, umat Islam menggunakan waktu ini untuk mendapatkan banyak pahala melalui ibadah. Maka dari itu, alat ibadah (alat sholat) bisa menjadi ide hampers lebaran  kekinian yang baik. Anda bisa membeli sajadah, topi, mukenah, gamis, tasbih, Al-Quran dan sarung. Isi hampers bisa diubah sesuai penerima. Misalnya, perempuan berarti sajadah, mukenah, Al-Qur'an dan tasbih. Sedangkan untuk laki-laki terdiri dari sajadah, baju katun, tasbih, peci, Al-Quran dan sarung. Namun, jika hampers tersebut diberikan kepada orang yang sudah memiliki pasangan, semuanya bisa digabungkan. Jangan lupa sesuaikan harga dengan jumlah dana yang tersedia. Anda dapat menambah atau mengurangi produk untuk mendapatkan harga terbaik. Selain itu, menghadiahkan sajadah untuk pasangan juga sangat digemari. Anda hanya perlu mencari sajadah dengan ukuran yang sedikit berbeda dengan motif dan warna yang serasi. Namun, membeli dua sajadah dengan ukuran yang sama tidak menjadi masalah.

3. Produk kecantikan

 

Hampir semua wanita membeli dan menggunakan produk kecantikan. Hal tersebut bertujuan untuk menunjang penampilan wajah mereka agar lebih cantik, halus, segar dan lebih menarik. Tak hanya itu, mereka juga melakukan facial untuk mencegah penuaan dini. Nah, ini bisa kamu jadikan sebagai ide hampers lebaran, khususnya untuk penerima perempuan. Aneka produk kecantikan yang bisa digunakan yaitu toner, face wash, moisturizer, day cream, night cream, lipstick, blush on, mascara, pensil alis, dll.

Hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli produk ini adalah mengetahui produk kecantikan apa yang digunakan penerima. Hal ini dikarenakan tidak semua produk cocok untuk semua wajah. Misal penerima hampers memiliki wajah sensitif dan berjerawat, maka dapatkan produk acne. Namun jika hal tersebut terkesan terlalu rumit, carilah produk yang cocok untuk semua jenis kulit. Dengan begitu, paket yang dikirim pasti akan tetap digunakan. Pemilihan isi kemasan juga tidak harus satu merek. Anda dapat mencari produk kecantikan dari berbagai merek dan menggabungkannya nanti. Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa dari setiap produk. Hindari membeli dan mengirim produk kecantikan kadaluarsa karena dapat membahayakan kulit wajah.

4. Perlengkapan mandi

Dari segi penggunaan, perlengkapan mandi sangat efektif digunakan sebagai hampers lebaran. Ini karena orang pasti menggunakan peralatan tersebut setiap hari. Jika mau, Anda bisa membeli produk yang bisa digunakan dalam waktu lama, seperti handuk, sisir, sikat gigi, dan botol sabun. Namun, jika Anda memiliki sabun mandi favorit yang wangi dan baik untuk kulit, Anda juga bisa menambahkannya. Jika ingin lebih estetik dalam penataannya, carilah barang yang terbuat dari bahan alami seperti kayu. Lipat atau gulung handuk menjadi bentuk yang cantik. Anda bisa menggulungnya menjadi angsa, kelinci, dan boneka. Saat berbelanja handuk, penting juga untuk mempertimbangkan memilih bahan berkualitas tinggi.

5. Sembako

Ide hampers lebaran kekinian yang pasti dibutuhkan semua orang adalah sembako. Sembako, atau sembilan bahan pokok adalah makanan atau minuman yang diperlukan untuk konsumsi sehari-hari. Mulai dari nasi, minyak goreng, susu, teh, kopi, saus, kecap, margarin, mie, telur dan lainnya. Namun, Anda harus berhati-hati saat membeli telur dan menyiapkannya dalam hampers. Ini karena makanan mudah pecah jika terbentur benda keras atau tersangkut saat pengiriman. Karena itu, pastikan telur dikemas dengan sangat aman. Harga paket sembako kebanyakan mahal, tapi bisa juga berubah sesuai dana masing-masing. Anda dapat melakukan riset pasar untuk membandingkan harga penjual. Jangan lupa untuk mengecek apakah kualitasnya sesuai dengan harga yang ditawarkan. Misalnya, hindari membeli beras yang tidak layak makan atau yang mengandung banyak kutu. Meski harganya murah, nasinya tidak enak dan sehat untuk dikonsumsi. Tanggal kedaluwarsa produk seperti susu, saus, kecap, dan mie harus diperiksa.

6. Kue-kue 

Idul fitri atau hari raya identik dengan kue-kue kering yang ditawarkan tuan rumah kepada para tamu. Oleh karena itu, mengirimkan hampers berisi kue kering pasti menyenangkan semua orang. Anda bisa membuat kue sendiri atau membelinya dari orang lain. Beberapa kue kering yang sering dijadikan isian kemasan adalah putri salju, kastengel, kue kacang, nastar, kue lidah kucing, kue panah, dll. Pastikan kue tersebut memiliki rasa atau tampilan yang menarik sehingga layak diberikan sebagai hadiah. Saat membeli kue, jangan lupa mencobanya terlebih dahulu. Setelah itu, simpan ke dalam toples dengan bentuk dan ukuran yang Anda suka. Tempatkan kue kering dengan rapi di dalam toples dan hindari menumpuknya secara langsung sehingga terlihat berantakan. Orang biasanya mengirim paket berbagai kue kering. Misalnya, satu toples berisi Putri Salju, satu toples untuk Lidah Kucing, dan toples lainnya berisi Nastar. Tujuannya agar penerima hampers bisa mencoba berbagai kue dengan rasa yang berbeda.

7. Peralatan masak

Seperti produk mandi, peralatan masak digunakan setiap hari. Nah, ide hampers lebaran dengan peralatan masak pasti menarik bagi ibu-ibu yang sehari-hari bekerja di dapur. Isi hampers bisa berupa panci, wajan, pisau, teflon, dan talenan. Anda dapat menggabungkan semuanya dengan membeli satu set atau membelinya secara terpisah dari merek yang berbeda. Penting juga untuk mempertimbangkan kualitas peralatan masak sebelum menggunakannya sebagai pengisi kemasan. Pilih aksesoris dengan warna senada untuk tampilan yang menarik. Misalnya serba hitam, silver atau coklat. Dengan demikian, penerima dapat mengaturnya dengan baik di dapur dan membuatnya terlihat estetis. Meski harus mengeluarkan uang yang cukup banyak, hampers jenis ini merupakan hampers lebaran kekinian yang sangat bermanfaat bagi orang lain. Mereka tidak perlu lagi membeli panci, wajan atau barang-barang yang sudah dikemas.

8. Alat makan

Peralatan makan juga dapat digunakan untuk isian hampers. Anda dapat menambahkan sendok, piring, gelas, garpu, cangkir, dan mangkuk. Usahakan untuk membeli aksesoris dengan motif dan warna yang senada agar terlihat padu padan atau hanya sebagai satu set saja. Berbeda dengan isi kemasan ringan lainnya, peralatan makan justru lebih berat dan membutuhkan kehati-hatian saat mengemasnya. Ini karena alat makan mudah pecah dan hancur saat terjatuh atau terbentur benda besar dan keras. Oleh karena itu, proses pengemasan jenis hampers ini biasanya memerlukan jasa pembuatan hampers khusus. Menjaga agar paket dalam kondisi baik selama pengiriman hingga sampai tujuan membutuhkan keahlian tertentu. Bahkan, hampers peralatan makan tersebut pada saat pengiriman tidak dapat ditumpuk dengan barang lain. Jika Anda mengambilnya sendiri, tentu Anda sudah tahu cara merawatnya, tetapi jika Anda menggunakan jasa pengiriman, jangan lupa untuk menginformasikannya kepada pihak kurir.

9. Buket bunga/uang 

Selain barang yang disebutkan sebelumnya, hampers bunga dan uang juga dapat digunakan sebagai hampers untuk dikirim ke orang lain. Hampers jenis ini dinilai sangat sederhana dan tidak memiliki resiko pecah selama proses pengiriman, meski ada juga syarat yang harus diperhatikan. Ada banyak sekali layanan pembuatan hampers bunga dan uang, sehingga Anda bisa langsung menghubungi mereka untuk melakukan pemesanan. Anda tinggal memilih jenis bunga atau uang dan jumlah yang akan digunakan dalam satu hampers. Pastikan budget yang tersedia sesuai dengan hampers yang Anda beli. Buket bunga dapat membuat penerimanya merasa senang dan bahagia. Ingatlah untuk memilih bunga yang wangi, terlihat cantik dan masih segar. Jika Anda memutuskan untuk membeli banyak uang, penerima pasti akan merasa lebih bahagia. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengalokasikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada kerabat atau sahabat.

10. Paket Hijab

Ide hampers lebaran kekinian dan unik berisi beberapa produk hijab dengan warna yang berbeda-beda. Selain itu, momen hari raya dapat dimaknai dengan filosofi agar kita terus perbaiki diri, dan hampers lebaran berupa hijab dapat diberikan agar penerimanya terus berbenah diri terutama dalam hal berpakaian. Selain itu, konsep hampers lebaran saat ini juga sangat cocok dan diminati kalangan muda. Sudah menjadi budaya umat muslim, perayaan lebaran selalu menyajikan jajanan yang enak seperti kue-kue dll.

11. Paket kopi/teh

Kopi atau teh sudah pasti menjadi pilihan oleh-oleh yang cocok untuk orang-orang yang suka minum kopi dan teh saat berbuka puasa atau di waktu senggang. Selain itu, pemilihan produk kopi dan teh Indonesia tentunya menjadi hal yang sangat istimewa, apalagi jika kemasannya dikemas dengan bentuk yang unik dan menarik, penerima hampers pasti akan sangat senang dan bahagia.

12. Toples Unik

Nah untuk melengkapi momen tersebut, kamu bisa menghadiahkan hampers berisi toples unik dan cantik sebagai wadah penyimpanan makanan lebaran. Apalagi jika penerimanya adalah orang yang suka membuat kue, maka tentunya dia akan sangat senang dan merasa beruntung menerima kado ini.

Itulah ide-ide hampers lebaran kekinian yang bisa Anda coba. Bulan ramadhan bulan penuh kasih sayang, perbanyak berbagi dan sedekah kepada sesama. Hadiahkan hampers cantik di hari raya. Selamat mencoba guys..


Print Share Tweet Whatsapp Messanger