Tingkatkan Skill Komunikasi Bersama Komunitas Masyarakat Berdaya

Berita Ditulis oleh : Administrator 18 Januari 2023 | 11:57:15

Print Share Tweet Whatsapp Messanger

Komunikasi diartikan sebagai pertukaran informasi antara pengirim dan penerima dan kesimpulan persepsi makna antara individu-individu yang terlibat. Analisis pertukaran ini menyatakan bahwa komunikasi adalah proses dua arah yang berisi elemen yang dihubungkan secara berurutan. Komunikasi merupakan cara menyampaikan gagasan, fakta pikiran perasaan dan nilai kepada orang  lain sehingga mereka dapat berbagi hal-hal yang mereka rasakan dan ketahui yang dapat merefleksikan gaya kepribadian, kegiatan persuasi serta negosiasi dalam situasi latarbelakang yang berbeda. Pemberdayaan masyarakat merupakan transformasi yang ada di masyarakat dan diawali dengan komunikasi. Dan komunikasi yang efektif perlu menyesuaikan target masyarakat.

Sebuah komunikasi dikatakan efektif apabila pesan dapat diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimaksud oleh pengirimnya, pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat disetujui oleh penerima dan ditindaklanjuti dengan perbuatan yang diminati oleh pengirim, tidak ada hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menindaklanjuti pesan yang dikirim.

Dengan itu, Goedang Zakat Al-Khairaat melaksanakan Program BATIK (Balai Latihan dan Keterampilan) yang diikuti para anggota Komunitas Masyarakat Berdaya yang dilaksanakan pada Sabtu, 14 Januari 2023.

Muhammad Apud Kusaeri mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah agar peserta mampu memahami unsur dan komponen dasar komunikasi dan juga dapat membangun komunikasi melalui berbagai macam kanal media dalam pendampingan pemberdayaan masyarakat.

Semoga dengan adanya pelatihan ini mampu memberikan kebermanfaatan bagi banyak orang  yang berkontribusi positif dalam pengembangan masyrakat, aamiin


Print Share Tweet Whatsapp Messanger