Sekolah Orang Tua (Lansia) Berdaya Menjadi Pribadi Sehat, Tangguh dan Produktif

Berita Ditulis oleh : Administrator 04 Maret 2023 | 10:04:12

Print Share Tweet Whatsapp Messanger

Orang tua merupakan orang yang paling berjasa dalam kehidupan kita. Pengorbanan mereka tidak mungkin terbalaskan dan tak bisa dinilai dengan nominal angka, karena setiap waktu kasih sayang dan perhatian orang tua selalu tercurah, walau kadang anak tidak mengetahui dan menyadarinya.

Oleh karena itu agama Islam sangat menekankan pentingnya anak untuk menghormati dan menyayangi orang tua serta taat, selama kedua orang tua tidak menyuruh anak untuk melakukan kesyirikan dan hal yang dilarang oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Bahkan jika orang tua tidak seakidah atau tidak satu agama dengan anak, anak tetap harus menghormati dan sebisa mungkin berbakti kepada beliau, namun tidak dalam hal yang bertentangan dengan aturan Islam. 

Populasi lansia di D.I. Yogyakarta sebesar 14% dari total jumlah penduduk. Jumlah lansia di Yogyakarta yang begitu besar ada harapan untuk para lansia bisa menikmati kehidupan di usia senja dengan lebih bahagia. Untuk merealisasikan tujuan tersebut dan lebih dekat serta memuliakan lansia, maka PD Salimah Kota Yogyakarta melaksanakan program Sekolah Lansia Salimah.  Bedasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) merilis bahwa presentase lansia di Indonesia bedasarkan hasil Survey Penduduk Antar Sensus pada tahun 2016 sejumlah 22.630.882 jiwa. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat.

Sekolah lansia didirikan bukan sekadar untuk memberikan pelajaran terkait aspek kesehatan fisik, tetapi juga memiliki keterkaitan antar elemen baik kesehatan fisik itu sendiri, yaitu aspek sosial, psikologis, ekonomi lingkungan dan spiritual. Sekolah lansia didirikan bukan sekadar untuk memberikan pelajaran terkait aspek kesehatan fisik, tetapi juga memiliki keterkaitan antar elemen baik kesehatan fisik itu sendiri, yaitu aspek sosial, psikologis, ekonomi lingkungan dan spiritual. Tujuan dari kegiatan Sekolah Lansia Salimah (SALSA) adalah meningkatkan pengetahuan dan perilaku lansia terhadap kesehatan serta meningkatkan kemandirian aspek kesehatan, fisik, psikologis, sosial dan spiritual. Dan tema sekolah lansia pada kali ini adalah “LANSIA BERSAMA SALIMAH : BAHAGIA, SEHAT DAN MANDIRI”. SALSA dilaksanakan rutin di beberapa tempat yakni di Masjid At Tin setiap jum’at di minggu ke-2, kemudian di Masjid Nurokhmah-Rejowinangun setiap selasa di minggu ke-4, lalu di Masjid Nurul Hijrah-Winong setiap selasa di minggu ke-2, dan di Masjid An Naml-Mrican setiap selasa minggu ke-1.


Print Share Tweet Whatsapp Messanger