Sedekah Subuh Di Rumah Sendiri

Blog Ditulis oleh : Administrator 21 Februari 2023 | 11:50:02

Print Share Tweet Whatsapp Messanger

Inilah Cara Sedekah Subuh Di Rumah Sendiri Tanpa Ribet

Istilah sedekah subuh memang cukup fenomenal. Sudah banyak konten di media sosial yang mempromosikan cara sedekah subuh di rumah sendiri. Karena manfaat sedekah subuh adalah pahala yang di dapatkan setara dengan dunia dan seisinya. Sedekah sendiri berasal dari bahasa arab dari kata “Shidiq” yang berarti kebenaran. Sedekah merupakan salah satu amal ibadah yang mendatangkan pahala dan meupakan amal ibadah yang di cintai Allah SWT. Waktu yang paling baik untuk melakukan sedekah yakni di waktu subuh. Dijelaskan pada hadist riwayat Bukhari dan Muslim tentang sedekah subuh bahwasannya "Dua malaikat turun dan turut mendo'akan keberkahan bagi siapa saja yang bersedekah di waktu subuh". Ada banyak cara sedekah subuh di rumah sendiri yang bisa dilakukan oleh setiap umat muslim.

Apa itu sedekah subuh ?

Pengertian sedekah subuh sama saja dengan pengertian sedekah, hanya saja sedekah subuh dilakukan pada waktu subuh, lebih tepatnya setelah menunaikan sholat subuh sampai sebelum matahari tebit. Tentunya cara sedekah subuh di rumah sendiri yang bisa kita lakukan beragam.

Niat Sedekah Subuh

Niat merupakan unsur pokok dalam melakukan amal ibadah. Karena tanpa disertai dengan niat amal ibadah yang kita lakukan tidak mempeoleh pahala dari Allah SWT. Sehingga, ketika akan melaksanakan sedekah subuh maka lebih dahulu membaca niat. Berikut niat sedekah subuh :

“Nawaitu taqorruban ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa naari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilaturrahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu’ alaihi wa sallam wa idkholas muslimiina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.”

Doa Sedekah Subuh 

Setelah mengetahui niat sedekah subuh, ada pula doanya yang bisa dipraktekkan agar amalan sedekah lebih maksimal.

“Rabbana taqabbal minna innaka antas sami’ul alim.”

“Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Doanya cukup singkat sehingga mudah dihafalkan. Selain doa ini, Anda bisa berdoa meminta hajat apapun yang diinginkan karena Allah pasti mendengarnya.

Sejalan dengan itu, almarhum Syekh Ali Jaber juga pernah mengatakannya bahwa sedekah subuh bisa untuk mengabulkan permintaan. Setelah bersedekah, mintalah hajat yang diinginkan baik itu kesehatan, rezeki, atau mempermudah urusannya. Insya Allah akan dikabulkan jika ikhlas dan tulus.

Mengapa sedekah lebih baik dilakukan di waktu subuh ?

Keistimewaan Waktu Subuh

Subuh merupakan waktu yang sangat istimewa, waktu dimana terjadinya pergantian dari malam ke pagi, dari gelap menuju terang. Subuh tidak jarang disebutkan secara khusus dalam beberapa ayat Al Qur’an, diantaranya ialah :

“Dan demi subuh apabila fajarnya mulai menyingsing”. (QS At Takwir : 18)

“Katakanlah:ku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasi subuh”. (QS Al-Falaq :1)

Waktu subuh sendiri memiliki banyak keistimewaan dalam islam, sebagai berikut :

1. Disaksikan Para Malaikat

Allah SWT menurunkan perintah shalat subuh karna keistimewaan subuh, sebagaimana firman Nya dalam QS Al Isra : 78.

“dirikanlah shalat sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan dirikanlah pula shalat subuh, sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan malaikat”.

Orang yang menunaikan shalat subuh kelak pada hari kiamat akan mendapat perhatian Allah karena para malaikat malam dan siang bekumpul untuk melaporkan langsung kepada Allah SWT apa saja yang dikerjakan hamba-Nya di waktu subuh dan mendoakan kebaikan bagi orang-orang mukmin yang menjalankan shalat subuh. Oleh karna itu, waktu yang paling baik untuk sedekah yakni waktu subuh dan kita bisa melakukan cara sedekah subuh di rumah sendiri.

2. Menjadi Penyebab Masuk Surga

Tidak sedikit kaum mukmin yang lalai dalam menjalankan shalat subuh, mereka lebih memilih untuk melanjutkan tidurnya daripada bangun untuk melaksanakan shalat. Orang yang menjalankan shalat subuh tepat waktu baginya akan menjadi jalan masuk surga.

“Barang siapa yang mengerjakan shalat bardain (subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga”.(HR Bukhari no 574 dan Muslim no 635)

3. Waktu Terijabahnya Doa

Pada waktu subuh malaikat siang dan malam berkumpul dan mereka mendo'akan barang siapa yang menjalankan shalat subuh dan memohon doa, maka akan didoakan oleh seluruh malaikat dan disampaikan langsung kepada Allah. 

“Pada waktu itu adalah tersebarnya rahmat, banyak permintaan yang diberi dan dikabulkan, dan juga nikmat semakin sempurna kala itu”. (Syarh Shahih Muslim 6:36)

4. Waktu Pembagian Rezeki

Pada waktu subuh, Allah memeintahkan malaikat untuk membagi rezeki kepada semua umat manusia, maka seluruh umat dianjurkan untuk berdoa atau membaca Al Qur’an setelah shalat subuh, barang siapa yang shalat subuh dan memohon rezeki maka Allah akan memberikan keberkahan yang lebih padanya seperti hadist Rasulullah berikut.

“Seusai shalat subuh janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rejeki”. (HR Thabrani)

5. Waktu yang Baik Untuk Berdzikir

Dzikir adalah tanda sebagai seorang mukmin dengan mengingat dan memuji Allah, orang yang mengetahui keutamaan bedzikir di waktu subuh akan mendapat ketenangan hati dan merupakan waktu yang dianjurkan oleh Allah “Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu berada di waktu subuh”. (QS Ar Ruum : 17) 

Dahsyatnya Keutamaan Sedekah Subuh

Keutamaan sedekah subuh adalah saat sedekah dilakukan, malaikat akan mendoakan kepada Allah supaya diganti, sebaliknya, yang kikir didoakan supaya dibinasakan. Seperti sabda Rasulullah SAW:

"Setiap pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satunya berkata, 'Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah'. Malaikat yang satu berkata 'Ya Allah binasakanlah orang-orang yang bakhil." (HR Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah). 

1. Dapat Menolak Bala

Pertama, sedekah subuh bisa menolak bala. Selain di yakini bisa menolak bala, sedekah subuh juga sangat dianjurkan kepada orang yang sedang sakit. Di yakini dengan sedekah subuh menjadi lantaran untuk mendapatkan kesembuhan dari Allah SWT. Sedekah dalam beberapa hadits juga disebutkan bisa menunda azab Allah dan bisa memperpanjang umur.

2. Didoakan oleh Malaikat

Kedua adalah terdapat dua malaikat mendoakan setiap orang yang melakukan sedekah subuh. Malaikat yang satu berdoa, agar Allah SWT mengganti sedekah tersebut dengan yang terbaik, berupa materi maupun berupa surga di akhirat kelak.

Kemudian satu malaikat lainnya bedo'a agar Allah SWT membalas setiap orang yang menahan harta sedekah. Barang siapa yang melaksanakan sedekah subuh maka dia akan didoakan oleh para malaikat agar rezekinya selalu lancar dan selalu berkah.

3. Doa Mudah Dikabulkan

Ketiga, keutamaan sedekah subuh adalah Allah SWT mengabulkan do'a hambanya di waktu subuh. Alasannya, karena waktu subuh merupakan waktu yang terbaik. Sehingga setiap permintaan dan doa yang dipanjatkan akan mudah terkabulkan, terlebih lagi jika doa tersebut dari orang yang beramal di waktu subuh.

4. Bisa Menghapus Dosa

Keutamaan lain dari sedekah subuh juga bisa menghapuskan dosa dan memberikan ketenangan hati pada orang-orang yang melaksanakan sedekah subuh. Bagaikan air yang mampu memadamkan api yang membara, begitulah perumpamaan sedekah subuh menjadi wasilah penghapus dosa manusia.  Hal tersebut senada dengan hadits yang artinya: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. [HR. Tirmidzi]

5. Harta dan Kekayaan yang Berkah

Tidak perlu takut harta kita akan berkurang karena bersedekah di waktu subuh. Sebab, karena bersedekah kepada orang yang membutuhkan pada waktu subuh, justru bisa membuat harta pelakunya semakin berkah. Berkah di sini memang tidak melulu banyak, namun harta bisa mendatangkan kebaikan.

Sedekah juga bisa menjadi salah satu bentuk investasi. Investasi yang satu ini berbeda dengan investasi pada umumnya. Sebab, rekan investasi saat bersedekah adalah Allah SWT. Dan sudah pasti ketika kita bertransaksi dan berinvestasi dengan Allah mendatangkan keuntungan yang sangat besar.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah melakukan sedekah dengan ikhlas dan tulus tanpa pamrih agar amalan sedekah ini bisa diterima dengan baik. Hindari sedekah hanya untuk mendapatkan pujian atau ingin dilihat oleh orang lain. Karna hal tersebut bisa menjadi penyakit hati bagi pelakunya dan menjadi hal yang sia-sia.

6. Dekat dengan Pintu Surga

Ketika kita melakukan sedekah subuh, maka niscaya kita akan didekatkan jalan menuju surga. Selain itu, dengan sedekah kita juga dihindarkan dari api neraka. Begitu keutamaan yang Allah SWT janjikan pada pelaku sedekah subuh. Tentu saja, setiap kita ingin mendapatkan keutamaan ini.

Bahkan, di surga kelak kita akan dipanggil dan masuk ke surga dari pintu yang beragam. Salah satu pintu surga adalah pintu sedekah. Jadi, dengan rutin bersedekah subuh, baik dengan cara sedekah subuh di rumah secara tunai maupun donasi atau bayar zakat online, semoga bisa menjadi alasan kita dimasukkan ke surga melalui pintu sedekah.

Adapun keutamaan sedekah subuh menurut Syekh Ali Jaber dalam ceramahnya :
1. Allah menurunkan malaikat yang ditugaskan untuk mendoakan orang yang bersedekah subuh di pagi hari. Doa tersebut yaitu "Ya Allah ganti yang lebih baik bagi orang yang sedekah di waktu subuh hari.

2. Dikabulkan hajatnya. Setiap sedekah subuh di pagi hari sertakan doa dan sebutkan hajatnya kepada Allah SWT.

3. Dipermudah segala urusannya.

4. Dijauhkan dari segala penyakit

5. Menenangkan hati dan jiwa agar tidak mudah emosi

Mengutip dari ceramah Syekh Ali Jaber, beliau menambahkan bahwa wanita yang sedang haid boleh melakukan cara sedekah subuh di rumah sendiri, caranya yaitu sebelum melakukan aktifitas dipagi hari isi sedekah subuh.

Lebih dari keutamaan itu semua, di dalam harta yang kita miliki itu ada hak orang miskin. Dan dengan sedekah ini kita memberikan hak mereka dan setidaknya bisa membantu meringankan kemiskinan di tanah air.  Apalagi sekarang ini, data kemiskinan di Indonesia dari berbagai provinsi yang ada semakin melonjak. 

Mengenal Manfaat Sedekah Yang Luar Biasa

Telah dijelaskan dalam Al-Qur'an, balasan bagi orang beriman yang besedekah. Allah SWT menjamin nikmat yang belipat ganda bagi orang-orang melakukan sedekah. Sebagaimana tesirat dalam surat Al - Baqarah ayat 261.

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَا بِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَا للّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ
Artinya: "Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha mengetahui."

Dalam Kitab Tanqih al-Qoul al-Hasis fi Syarh Lubab al-Hadis, karya Syekh Muhammad bin Umar al-Nawawi Al-Bantani atau populer dengan nama Syekh Nawawi Al Bantani, menyebutkan beberapa fadhilah  atau keutamaan dari bershodaqah, diantaranya :

  1. Mencegah kematian yang buruk (Su'ul Khotimah)
  2. Jika sedekah dilakukan sembunyi-sembunyi dapat mencegah dari murka Allah SWT, jika dilakukan terang-terangan menjadi perisai dari api neraka.
  3. Mencegah dari 70 keburukan/bala
  4. mencegah dari api neraka
  5. Menambah harta
  6. Menolak musibah dan memanjangkan umur

Cara Sedekah Subuh Di Rumah Sendiri

Karena di waktu Subuh merupakan waktu dimana malaikat turun ke bumi dan mendoakan orang-orang yang melakukan amalan baik. Oleh karena itu, melakukan sedekah di waktu subuh tentu saja merupakan hal yang baik untuk mengawali hari.

Namun, tidak semua orang bisa berangkat ke masjid pada saat subuh, salah satu contohnya adalah wanita yang sedang haid. Akan tetapi, banyak cara sedekah subuh di rumah sendiri yang bisa kita lakukan diantaranya adalah :

  1. Membuat celengan amal pribadi di rumah
  2. Sedekah makanan dan minuman kepada tetangga, rumah yatim atau pondok pesantren
  3. Sedekah makanan dan minuman di pinggir jalan
  4. Memberi bantuan tenaga
  5. Mengisi kotak amal di masjid setelah melaksanakan sholat subuh
  6. Mentrasfer uang melalui rekening setelah sholat subuh

Jadi sedekah tidak hanya memberikan manfaat kepada orang lain, namun pemberi juga mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Yuk tunaikan sedekah subuh melalui Goedang Zakat, caranya mudah bisa dilakukan dirumah sehingga bisa dilakukan kapanpun tanpa ribet.


Print Share Tweet Whatsapp Messanger