Pelatihan Pengurusan Jenazah Untuk Tingkatkan Kepedulian Sesama

Berita Ditulis oleh : Administrator 11 Januari 2023 | 10:39:51

Print Share Tweet Whatsapp Messanger

Banyaknya perawatan jenazah disekitar kita yang hanya mengandalkan satu petugas saja untuk mengurusi setiap ada orang meninggal. Hal ini yang sepertinya sepele namun menjadi hal penting jika menjadikan jenazah terlantar. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya warga masyarakat yang takut atau tidak bisa atau juga kurang berpengalaman dalam merawat jenazah sehingga hanya mengandalkan satu petugas untuk mengurusi setiap ada orang meninggal dalam satu daerah. 

Akan menjadi sangat merepotkan untuk satu petugas tersebut jika terdapat orang yang meninggal lebih dari satu dalam waktu bersamaan. Belum lagi biasanya orang yang diberi tugas untuk merawat jenazah tersebut adalah laki-laki, yang kemudian akan menjadi kurang tepat jika terdapat jenazah perempuan dan petugas untuk merawatnya adalah laki-laki. Masalah selanjutnya terjadi ketika petugas yang merawat jenazah tersebut sedang tidak berada di tempat menyebabkan jenazah tidak segera dilakukan perawatannya.


Kepedulian antar sesama memang harus dilakukan oleh setiap orang. Hal ini bukan berarti peduli terhadap sesama yang masih hidup saja tetapi juga sesama yang sudah meninggal. Goedang Zakat Al-Khairaat yang bekerja sama dengan Panitia Pelatihan Pengurusan Jenazah Muslimah mengadakan sosialisasi dan pelatihan pengurusan jenazah untuk mengurangi dampak dari permasalahan tersebut.

Acara dilakukan di Masjid Soekardjo Hartiwiyono yang berada di daerah Dukuh Widoro, Giripurwo, Purowsari, GunungKidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah pemateri memaparkan sekilas tentang pentingnya perawatan jenazah yang dilanjutkan dengan pemberian contoh praktek perawatan jenazah, kemudian setiap perwakilan RT jamaah diperbolehkan mempraktekkan apa yang sudah dicontohkan oleh pemateri. Diharapkan dari acara tersebut akan terbentuk sekelompok orang yang minimal mengetahui atau bisa melakukan perawatan jenazah untuk daerah sekitarnya.


Alhamdulillah kegiatan pelatihan pengurusan jenazah berjalan dengan lancar dan antusias para jamaah yang besar. Jazakumullahu Khairan Katsiran kepada Sahabat Dermawan yang telah mendukung dalam program-program Kami. Semoga menjadi amal jariyah dan berkah untuk kita semua, aamiin allahumma aamiin.


Print Share Tweet Whatsapp Messanger