Menyambut Bulan Muharram, simak keistimewaan Bulan Muharram yang luar biasa

Blog Ditulis oleh : Administrator 05 Juli 2023 | 10:34:25

Print Share Tweet Whatsapp Messanger

Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam tahun Hijriyah yang memiliki banyak keistimewaan. Bahkan masuk di antara bulan-bulan mulia sehingga keistimewaan bulan Muharram sangat penting untuk diketahui. Berbagai ibadah yang dianjurkan oleh Rosulullah untuk dilakukan di bulan muharram. Sebagaimana dianjurkannya menjalankan sunnah-sunnah tertentu di bulan muharram, maka wajar jika berbagai amalan yang dilakukan bulan muharram ini memiliki banyak keutamaan.

Keistimewaan Bulan Muharram

1. Perhitungan pahala dan dosa yang di lipatgandakan

Berhati-hatilah jika ingin berbuat dosa. Apalagi, jika dosa dilakukan saat bulan Muharram. Dosa yang dilakukan di bulan ini dihitung dua kali lipat. Jadi, bahkan dosa terkecil pun pasti akan memberatkan timbangan amal burukmenjadi berat. Apalagi jika perbuatan itu merupakan dosa besar. Pada saat yang sama, perbuatan baik yang dilakukan selama bulan Muharram juga akan dilipatgandakan. Oleh karena itu, umat Islam yang taat memanfaatkan momen di bulan Muharram ini dengan berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya. Mereka juga lebih berhati-hati untuk tidak melakukan hal-hal yang dimurkai Allah.

2. Salah satu dari empat bulan Islam yang disucikan

Islam memiliki 4 bulan yang sangat suci. Bulan-bulan tersebut adalah Dzulhijjah, bulan Rajab, bulan Dzulqa'dah dan bulan terakhir adalah bulan Muharram. Kesucian bulan Muharram diabadikan dalam Al-Qur'an Surat At-Taubah ayat 36. Sebutan empat bulan suci tersebut adalah bulan Muharram. Dimana selama bulan tersebut dilarang bagi umat Islam untuk menumpahkan darah. Mereka juga disuruh mengamalkan amalan baik dan ibadah dengan niat tulus untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

3. Waktu terbaik untuk mengamalkan ibadah puasa setelah ramadhan

Selain Ramadhan, Muharram adalah bulan yang ideal untuk berpuasa. Dalam ajaran Islam, puasa berarti menahan segala hawa nafsu dari fajar hingga tenggelamnya matahari. Selama berpuasa, umat Islam juga dianjurkan untuk menghindari perbuatan yang bisa membatalkan puasa. Siapapun yang berpuasa di bulan Muharram pasti akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, puasa Muharram adalah puasa yang paling utama setelah Ramadhan. Selain itu, Ali bin Abi Thalib juga menjelaskan riwayat yang menyatakan bahwa:

“Jika engkau ingin berpuasa setelah Ramadan, maka berpuasalah pada bulan Muharram. Sesungguhnya bulan tersebut adalah bulan Allah dan pada bulan itu terdapat satu hari di mana ketika suatu kaum bertaubat, Allah juga menerima taubat kaum yang lain.” (HR Tirmidzi)

4. Hari Asyura yang penuh berkah

Islam menyebut Asyura sebagai waktu yang paling istimewa karena banyak peristiwa sejarah terjadi pada hari ini. Hari Asyura dalam kalender Islam jatuh pada tanggal 10 bulan Muharram. Dan inilah titik keistimewaan bulan muharram, karena dii hari istimewa ini dianjurkan untuk menjalankan puasa Asyura pada hari ke 10 Muharram dan dilengkapi dengan puasa Tasu'a pada hari ke 9 Muharram. Dijelaskan oleh Ibnu Abbas ra. Ia mengatakan: “Ketika Rasulullah SAW berpuasa pada hari Asyura dan menyuruh para Sahabatnya juga berpuasa, maka mereka berkata: Wahai Rasulullah SAW, hari Asyura itu hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani. Maka Rasulullah SAW bersabda: Kalau demikian, Insya Allah tahun depan kita berpuasa pada hari yang kesembilan.” (HR. Muslim dan Abu Dawud).

5. Bulan kehormatan para nabi

Dalam kitab Al-Nawadzir karya Syekh Sihabuddin bin Salamah Al-Qolyubi, ada 10 nama nabi yang diangkat di bulan Muharram: Yakni Nabi Adam AS, Nabi Idris AS, Nabi Nuh AS, Nabi Inrahim AS, Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS, Nabi Ayub AS, Nabi Yunus AS, Nabi Yakub AS, Nabi Isa AS.

Amalan-amalan Hari Asyura

Dinuqil dari sebagian Afadlil (orang-orang yang biasa melakukan hal yang paling utama), bahwa amal-amal pada hari ‘asyuro ada 12 macam amalan :

  1. Sholat, dan yang paling utama adalah sholat tasbih
  2. Puasa
  3. Sodaqoh
  4. Memberi keleluasaan kepada keluarga (seperti dengan memberi nafkah lebih dari hari-hari biasanya)
  5. Mandi
  6. Mengunjungi orang ‘alim yang solih
  7. Menengok orang sakit
  8. Mengusap kepala anak yatim
  9. Bercelak
  10. Memotong kuku
  11. Membaca QS. Al ikhlash 1.000 kali
  12. Silaturahim

Imamul muhadditsin Ibnu Hajar Al-‘Asqolany dalam syarah Al bukhory mengatakan : “(ada) beberapa kalimat (dzikir) yang barang siapa membacanya pada hari ‘Asyuro, maka hatinya tidak akan mati” kalimat tersebut…

سُبْحَانَ الله ملْء الْمِيزَان ومنتهى الْعلم ومبلغ الرِّضَا وزنة الْعَرْش

SUBHAANALLOH MIL-AL MIIZAANI WA MUNTAHAL ‘ILMI WA MABLAGHOR RIDLOO WA ZINATAL ‘ARSYI.

Niat Puasa Asyuro

نويت صوم غد عن شهر عشر سنة لله تعالى.

NAWAITU SHAUMA GHADIN 'AN SYAHRI 'ASYURA SUNNATAN LILLAAHI TA'ALA.

Artinya : Saya niat berpuasa besok dari bulan 'asyura sunnah karena Allah Ta'ala.

Masing-masing orang tentunya memiliki cara tersendiri untuk meraih keistimewaan bulan Muharram. Donatur juga bisa mendapatkan keistimewaan dan pahala dari bulan tersebut dengan cara beramal kepada orang-orang yang membutuhkan. Bagi yang ingin berdonasi sedekah bisa melakukannya lewat Goedang Zakat. 

Goedang Zakat akan membantu menyalurkan sedekah yang Anda berikan kepada masyarakat marjinal yang membutuhkan bantuan. Anda bisa melakukan sedekah di Goedang Zakat secara online via website berbagiberkah.org.


Print Share Tweet Whatsapp Messanger